Pages

Selasa, 20 Maret 2012

TUGAS KOMPUTER LANJUT


Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembentukan dan Perwujudan Perilaku Siswa yang Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila


PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Sekarang ini sejalan dengan kemajuan zaman dan globalisasi di segala bidang, teknologi informasi dan komunikasi pun juga turut mengalami perkembangan yang dapat dikatakan sangat pesat. Hal ini terbukti dengan berkembangnya teknologi informasi maupun komunikasi yang berbasis internet yang kini telah merakyat dan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat seperti jejaring sosial facebook, twitter, mass media online baik yang jangkauannya nasional maupun internasional.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyataKomunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut (Rosenberg, 2001).

B.     Rumusan Masalah
Sehubungan dengan pembentukan dan perwujudan sikap positif siswa terhadap nilai-nilai Pancasila maka teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat menjadi sarana yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Akan tetapi yang menjadi permasalahan ialah bagaimanakah cara pemanfaatan teknologi informasi komunikasi (TIK) yang efektif dalam rangka mencapai tujuan tersebut tanpa mengabaikan adanya pengaruh negatif yang mungkin timbul dari kemajuan teknologi informasi komunikasi (TIK) yang terjadi saat ini.


PEMBAHASAN


            Sebelum membahas lebih jauh mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran PKn maka terlebih dahulu harus dipahami definisi mengenai TIK itu sendiri. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
       Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan sudah bukan merupakan hal yang janggal lagi. Hal tersebut tidak terlepas dari kenyataan bahwa keberadaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berperan dalam mendukung  efektivitas dan efisiensi serta memudahkan  proses pembelajaran.
        Dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) khususnya kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat dipandang dari dua sisi yang berbeda yaitu sebagai media guru dalam membentuk sikap positif siswa yang berorientasi pada nilai-nilai Pancasila dan sebagai media bagi siswa dalam mewujudkan atau mengekspresikan sikap-sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila tersebut dalam berbagai bentuk kegiatan yang melibatkan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
a.     Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembentukan sikap positif siswa terhadap nilai-nilai Pancasila
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran adalah penggunaan teknologi sebagai media untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa. Penggunaan teknologi dan media yang tepat dapat menunjang efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut maka pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran oleh Guru dalam membentuk sikap positif siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dapat dicontohkan sebagai berikut:
  1. Guru menggunakan powerpoint dalam menyajikan materi mengenai nilai-nilai Pancasila. Penggunaan powerpoint dengan slide-slide dan tampilan yang menarik diharapkan dapat menarik perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan.
  2. Guru menggunakan fasilitas LCD proyektor untuk menyajikan video ataupun film dokumenter yang di dalamnya terkandung contoh-contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila, seperti film-film yang memiliki pesan moral, film tentang perjuangan HAM, film nasionalisme, dsb.
Dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran, maka akan menjadikan proses penyampaian materi mengenai nilai-nilai Pancasila menjadi lebih efektif dalam artian materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh siswa. Apabila siswa telah memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila maka akan berpengaruh pada pengimplementasian nilai tersebut dalam cara berperilaku siswa. Maka pembentukan sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila tidak lepas dari proses penanaman nilai-nilai Pancasila sendiri ke dalam diri siswa.
b.   Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media mengekspresikan sikap-sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila
Pada masa sekarang ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) khususnya internet dan media massa online telah menjadi media umum bagi setiap orang dalam mengekspresikan diri. Begitu pula bagi para siswa, bentuk pengekspresian diri dapat beranekaragam. Dalam mengekspresikan diri, siswa tidak jarang menggunakan teknologi seperti internet yaitu melalui jejaring sosial (facebook, twitter, dsb) maupun melalui youtube. Selain itu mereka dapat mengekspresikan diri mereka melalui penulisan dan menayangkan tulisan tersebut ke dalam blog. Bentuk pengekspresian diri siswa secara tidak langsung dapat menggambarkan sikap siswa terhadap kondisi-kondisi tertentu. Sebagai contoh dalam menggunakan jejaring sosial untuk memperluas relasi siswa tidak membeda-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) dalam memilih teman selain itu siswa yang memiliki pemahaman yang baik terhadap nilai-nilai Pancasila tidak akan mudah terpengaruh oleh issu-issu yang berbau diskriminasi yang mudah meluas di dunia maya. Hal ini mencerminkan tampilan positif terhadap sila kedua (kemanusiaan yang adil dan beradab) yaitu nilai kesetaraan artinya setiap manusia memiliki kesejajaran, tanpa membedakan suku, ras dan agama.
c.       Meminimalisir penyalahgunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh siswa
Setiap media disamping memiliki kelebihan pasti memiliki kelemahan. Kelemahan pemanfaatan teknologi yang paling utama adalah unsur mempermudah yang dimiliki teknologi tersebut terkadang mengundang adanya tindakan-tindakan penyalahgunaan oleh orang-orang tertentu. Sehubungan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembentukan dan perwujudan sikap positif siswa terhadap nilai-nilai Pancasila maka penanaman nilai-nilai luhur Pancasila oleh guru kepada siswa memiliki peran yang sangat penting untuk terlebih dahulu mendidik moral siswa agar mampu memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif dan bukan menyalahgunakan teknologi tersebut untuk hal-hal yang negatif.


KESIMPULAN

            Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membawa pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia begitu pula dalam dunia pendidikan. Pengaruh tersebut dapat berupa pengaruh positif maupun negatif. Sehubungan dengan proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) khususnya kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat dipandang dari dua sisi yang berbeda yaitu sebagai media Guru dalam membentuk sikap positif siswa yang berorientasi pada nilai-nilai Pancasila dan sebagai media bagi siswa dalam mewujudkan atau mengekspresikan sikap-sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila tersebut dalam berbagai bentuk kegiatan yang melibatkan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
         Mengenai dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat dipengaruhi oleh operator dalam hal ini diri pribadi yang menjalankan atau berpartisipasi dalam pemanfaatan teknologi. Maka dari itu penting bagi guru untuk menanamkan nilai-nilai positif kepada siswa sebagai bekal untuk berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.


DAFTAR PUSTAKA


http://rusly-trk.blogspot.com/2008/12/peranan-teknologi-komunikasi-dan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar